top of page

How about DRAGGED, Will You Still Continue to Write It?

A B O U T D R A G G E D

Hai semua !

Update-an baru dari cerita DRAGGED (yang adalah LANJUTAN TRAPPED tapi beda KISAH), aku mau kasih tau kalau kemungkinan besar untuk saat ini, DRAGGED akan update sekitar sebulan sekali setiap awal bulan, tapi aku tidak bisa memastikan tanggalnya. Sebenarnya aku berniat ingin menghapus DRAGGED karena aku belum siap dengan semua ceritanya, dan akan percuma mempublish cerita kalau update-nya juga lama. Tapi tak masalah, setidaknya aku akan coba update dulu sebisaku.

Jujur saja, aku sedang proses mengolah cerita baru bergenre Young Adult (CIE PINDAH HALUAN LU STEE?). Tapi aku pun tidak sepenuhnya full menulis semua cerita-ceritaku. Alasannya sudah jelas, kuliah benar-benar menyita waktuku. Apalagi aku bisa pastikan kalau DRAGGED ini jalan ceritanya akan rada kompleks dan panjang, amat panjang hingga nantinya DRAGGED akan dipecah menjadi dua buku, jadi buku ketiga dari seri TRAPPED adalah lanjutan dari kisah DRAGGED yang terpecah.

I know, I know. Ini terdengar gila, tapi aku memang gila /tampol gue/. Tapi saat ini aku benar-benar sedang disibukkan oleh beberapa proyek kuliah. Aku bahkan jarang sekali buka Word barang sekedar untuk menulis satu paragraf, dan lucunya lagi, aku sedang dibutakan oleh coding sekarang / I still love Photoshop, no matter what/.

Kalau memang aku tidak bisa melanjutkan DRAGGED selama masa-masa kuliahku, dengan terpaksa aku akan menghapus DRAGGED dari peredaran, mengingat ini saatnya buatku untuk sedikit hiatus, karena sejak aku duduk di bangku SMA, setidaknya (thank God) di Wattpad aku sudah berhasil menyelesaikan 6 cerita yang walau tidak bagus-bagus amat and still far from perfect, tapi bikin aku bangga dengan diriku sendiri. Menyelesaikan sebuah cerita itu cukup susah, karena selain hrus mengorbankan waktu dan pikiran, kamu juga harus rela lupa tidur karena buru-buru menulis (ini bercanda, tapi aku suka menulis jam satu pagi).

A B O U T T H E F O R E S T V O Y A G E

Anyway, karena aku harus mengedit beberapa cerita juga (termasuk TRAPPED dan TPE), aku jadi sepertinya harus rela menunda penulisan DRAGGED dulu. Jujur saja, khusus cerita TFV series, aku benar-benar menulisnya saat aku masih kelas 3 SMP. Dan saat itu, aku benar-benar tidak paham apa yang ada di otakku, kenapa aku punya imajinasi aneh yang sebenarnya kalau dipikir-pikir cheesy sekali. Tapi aku pun terlalu sayang untuk benar-benar menghapus cerita itu. Maksudku, walau cerita itu jelek, tapi setidaknya itu awal mula karir menulis aku, sejelek apapun ide-nya, sejelek apapun gaya penulisanku, tapi tanpa cerita itu, aku tidak bakal lanjut menulis hingga sekarang. Jadi, aku tidak pernah malu dengan ceritaku yang jelek itu, malahan aku berusaha PD dengannya.

Cerveau Bang adalah salah satu cerita pertama aku, dulu aku posting itu di blog ( Aku pernah cerita di postingan sebelumnya). Jujur saja, ide ceritanya masih belum matang, dan aku berusaha keras mengubahnya tapi aku pikir,"Aku nggak mau mengubah jalan cerita tidak matang yang sebenarnya orisinil ini, jadi walaupun ini jelek, biarkan saja lah. JAdi aku bisa tau sejauh apa aku sudah berkembang." Gaya menulisku di Cerveau Bang masih jelek sekali, guys. Aku berani bertaruh, beberapa line percakapannya juga cheesy sekali, aku sampai tidak sanggup membacanya, dan kebanyakan terlalu bertele-tele. Seharusnya aku bisa meng-cut beberapa scene tapi aku tetap mempertahankannya, walau begitu aku tetap menghapus beberapa bagian dan menggantinya dengan gaya menulis yang lebih baik. Tapi proses penulisan (dan pengeditan) CB belum selesai, ya.

Lain dengan Paranoid. Paranoid ada beberapa perombakan, dari semua cerita TFV, aku paling memikirkan matang-matang seri kedua ini setelah Journal of Truth. Aku sudah ubah endingnya, dan kupikir jauh lebih masuk akal dari sekedar menjadikan A sebagai korban atau B sebagai tersangka. Aku berusaha memberikan sesuatu yang jauh lebih...yah, gitu deh. Intinya, Paranoid lolos dari pitinganku. Lalu here comes Lego House. Asal kalian tau, Lego House ini bakal jauh beda dengan Paranoid karena 1, aku belum edit sama sekali cerita yang itu, jadi ending Paranoid yang seharusnya beberapa dikaitkan dengan Lego House agak absurd dan nggak nyambung, tapi aku berusaha keras mengembalikan itu semua. Mungkin yang berpengaruh hanya antar karakternya saja, karena karakter Paranoid dan Lego House berbeda tokoh utamanya. Jadi, Lego House tetap bisa berdiri sendiri walau tanpa gandengan Paranoid atau CB. Lalu Journal of Truth, yang ini yang paling matang dari semuanya.

Beberapa ada yang tanya, apa TFV ada hubungannya sama Trapped,?

BIG NO, GUYS.

Enggak ada hubungannya sama sekali. Satu-satunya yang bikin mereka berhubungan adalah KARAKTERNYA.

INTINYA APA, STEE?

INTINYA, GUYS, aku harus bilang kalau saat ini DRAGGED bakal SLOW UPDATE sekali, atau kemungkinan sebulan sekali update-nya, karena aku bisa out dari Wattpad untuk kuliah. Tapi, aku akhir-akhir ini lagi tertarik dengan Graphic Design di Wattpad, jadi aku lebih update ke sana daripada cerita-cerita itu. Jujur, DRAGGED Ini jalan ceritanya kompleks, storyboard aku aja penuh dengan gambaran peta dunia, karenanya aku nggak mau ambil resiko mengesampingkan project yang sama-sama berat skala-nya (antara tugas aku dan menulis). Karenanya, aku mau hiatus menulis dulu.

:)

Pada akhirnya, semoga kalian tetap menyukai cerita-ceritaku. Mungkin gaya menulisku lain dari penulis-penulis lain, yang penggunaan diksi dan struktur kalimatnya sudah level master. But I'm not that person. Aku sebagai SteeFoy punya gaya menulis sendiri yang dimana aku bisa enjoy dan mengalir dengan natural saat menulis cerita. Aku sudah mencoba berbagai gaya menulis, dan sejauh ini, aku memilih mana yang saat aku menulis itu aku bisa benar-benar enjoy dan ngalirnya enak. Jadi, I just want to tell you guys, please do not compare me with another author. I'm not them.

I don't know kenapa aku bilang itu di kalimat terakhir aku, tapi aku mendapatkan beberapa message yang berkata demikian ( I'm fine with it, really, aku cuma mau meng-state aja apa pendapat aku soal itu). But anyway, thank you buat beberapa kritik yang aku terima, dan thank you buat dukungan lain yang aku dapatkan juga ! :)

Kupikir itu dulu saja. Selamat berjumpa bulan depan dengan chapter baru DRAGGED ^^

Regards,

Steefoy


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page