top of page

AUTHOR'S WATTPAD

May 5th, 2014

I decided to write this in Bahasa.

Awal aku bikin Wattpad, udah lama banget tahun 2011 mungkin. Dan dulu itu aku taunya Wattpad itu khusus cerita-cerita tulisan orang luar, jadi bahasanya Inggris. Aku cuma bisa pasrah baca banyak cerita orang luar, dan aku sedikit hopeless pas nggak nemu cerita dalam bahasa mama-ku. Jadi, selama berbulan-bulan itu Wattpad aku pakai buat baca cerita luar, sampai akhirnya aku rada malas dan memutuskan buat menghapus akun Wattpadku. Jadilah aku hidup sebagai orang yang jauh dari peradaban dunia modern, baca secara manual alias lewat novel. Itung-itung buat bantu Gramedia atau toko buku lainnya ningkatin omset lah, kita beli buku-buku mereka, mereka untung kita juga untung, bukan begitu?

So, setelah satu tahun berlalu, aku memutuskan untuk bikin lagi Wattpad, dan pas itu aku udah ada blog pribadi. Disana, aku nge-post cerita-cerita aku yang (Sumpah, itu dulu, dan kayaknya jijik banget gitu) genre-nya roman, judulnya Remember December masih inget jelas. Itu cerita tentang dua anak (udah jelas cewek-cowok lah) yang ketemu di sekolah, ya rada picisan sih, ceweknya dari luar, cowoknya orang lokal tapi blasteran luar gitu. Terus mereka ketemu di ruang detensi, satunya telat, satunya gara-gara pake HP diem-diem. Terus mereka mulai ya... saling jatuh cintrong gitu... Ya, tebak sendiri lah endingnya gimana, pokoknya mereka engaged finally.

Balik ke cerita, aku dulu decided buat nge-post itu cerita di blog aku, judulnya dulu Stessified, dan rupanya gak banyak yang sadar sama cerita aku dan aku hanya bisa pasrah... Aku udah berpikiran buat jadi penulis dulu, dan yah aku coba lewat blog (dan hasilnya tidak seberapa sukses). Lalu, mulailah ide buat mencetuskan THE FOREST VOYAGE. Kalau mau tau cerita lengkapnya kapan dan dimana dan gimana bisa aku bikin itu cerita, mampir ke blog post lain yang judulnya "THE BEGINNING OF THE FOREST VOYAGE SERIES". Disana aku ceritain deh awal terbentuknya gimana.

Jadi, aku bikin itu cerita, judulnya Cerveau Bang. Nah, karena otak aku yang kelebihan kapasitas dan terlalu banyak mikir hal yang aneh-aneh, aku akhirnya mikir lagi,"Kenapa aku nggak bikin dua blog aja, satu blog pribadi, satu lagi blog cerita?"

*JENG JENG* Akhirnya, berkat pemikiran selama satu minggu penuh dan pertimbangan yang mantap dan matang, aku bikin itu blog, theforestvoyage.blogspot.com. Sekarang udah gak ada, coba aja cari, kalau masih ada bukan aku lo ya *nakut-nakutin*. Readersnya awal-awal sedikit, tapi lama-lama menjadi bukit hahaha ! Ya, serius, lama-lama lumayan banyak, walaupun banyaknya masih angka 50.... Tapi sumpah aku sudah bangga banget dapet pembaca segitu! Masalahnya, aku nggak tau itu yang baca benar-benar 50 orang sesuai jumlah 50 visits atau 50 orang itu ada satu dua atau bahkan 10 orang atau lebih parahnya lagi satu orang yang buka ceritanya 50 kali...itu ngenes tau nggak?

Aku sempet berpikir buat post itu cerita di Wattpad, cuma aku mikirnya gini dulu,"Wattpad kan punya Kanada. Kalau aku post cerita aku yang bahasa Indonesia, yang udah jelas-jelas dianggep bahasa Alien disana, rugi aku sendiri lah, udah dikira orang gila, bangsa Alien, gak ngasih untung pula buat kepuasan hati *cieh*. Akhirnya, aku hanya bisa puas menunggu readers di blog ku. Sampai sekuel kedua dibuat, aku masih stay di blog butut itu. Dan puncaknya....aku bikin TRAPPED !! Dulu readersnya per chapter di blogspot lumayan lo, sekitar 100+ (once again, itu udah banyak banget buat aku).

LIma tahun berikutnya ( eh gak lah, beberapa bulan setelahnya), aku iseng-iseng gitu buka Wattpad, masih pakai akun yang aku bikin di tahun 2012. Dan aku buka-buka lagi cerita Inggris. Terus, mata aku yang jeli dan jelalatan (sadar eh sadar) #PLAK *ralat* kemana-mana ini, ngeliat sesuatu di ujung atas sebelah kanan. Tulisannya "ENGLISH"

Terus otak aku yang tadi udah aku bilang over capacity ini mulai mikir, gerak. Itu pasti bahasa. Nah, akhirnya aku klik deh itu link, dan muncul sekian banyak bahasa yang bisa dipilih. Sampai situ aja, aku udah mikir. "What the heck, jangan bilang ini ada bahasa Indo juga." Aku udah khawatir. Dan nggak taunya, kekhawatiranku yang udah muncrat-muncrat itu beneran terjadi.

Wattpad Juga Ada Region Indonesia What The Heck Man I'm So Stupid.

KENAPA TIDAK DARI DULU AKU POST CERITA AKU DI WATTPAD?

Yah, maklum lah, pengetahuanku minim banget soal web yang bisa nerbitin cerita secara unofisial, kayak Wattpad. Aku udah nyumpah-nyumpah itu. Udah gitu, genrenya banyak lagi, ada PETUALANGAN, yang merupakan genre aku banget. Aku udah mikir, sialan, kenapa otak aku gak dari dulu mikir buat post disini. Jadi, aku hanya bisa duduk selonjoran dan pasrah aja sama semua yang udah terjadi. Terlambat mengetahui, itu yang bisa aku katakan.

"Udah lah, coba post lagi aja."

Tapi, sebelum aku post Cerveau Bang di Wattpad, aku sempet menarik diri dari dunia tulis menulis, aku fokus ke gambar. Dan akhirnya, oktober 2013 aku post Cerveau Bang itu di Wattpad. Readers awal masih minim, tapi gak apa, namanya juga percobaan pertama. Haha..

Dan aku lanjut terus ngepost cerita sampai sekarang. Udah ada empat cerita, bisa di cek di akun Wattpad aku STEEFOY, disana readers paling banyak masih diraih sama Trapped, dan aku berharap bakal terus bertambah. Aku benar-benar hepi tau baca komen orang-orang, dan aku sangat menghargai itu. BANGET. Aku suka mereka komen, ngasih masukan yang walaupun pedes tapi membangun, ngasih semangat, itu semacam moodbooster sendiri buat aku. Aku bakal cerita banyak soal passion aku seputar dunia tulis menulis dan sejenisnya, yang masuk creative arts lah pokoknya. Dan sampai sekarang, total votes yang aku terima (sampai 5 Mei 2014) udah 951, and still counting.

Yah, sampai sini, itu dulu aja yang bisa aku ceritain. Next time aku muncul lagi ya dengan post-post lain. Penutupannya jelek banget, tapi lain kali gak gini deh haha. Sebagai promosi, mampir ke lapak aku di Wattpad ya, ketik aja STEEFOY, pasti langsung muncul wajah palsu saya disana, plus cerita-ceritaku. Atau kalau penasaran, ketik aja THE FOREST VOYAGE, sama TRAPPED NOT JUST A FOREST, pasti muncul deh dijamin. Rank yang aku terima saat ini paling tinggi diraih sama Trapped, nomer 2 both in Adventure and Mystery genre. Masih berharap jadi yang nomor satu, semoga bisa tercapai ya, terutama di genre ADVENTURE, soalnya semua cerita aku MURNI PETUALANGAN. Hehe...

That's all, always remember to trust your instinct more than anything else. See you again Voyagers :)

Regards,

STEE

A.N: WATTPAD aku namanya STEEFOY, bisa dilihat sendiri ya hehe


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page